Jualan online? Bukan hal baru lagi tentunya. Apalagi kalau Anda sering buka Facebook, berbagai jenis iklan produk terpampang di wall Anda, baik yang asalnya dari teman Anda atau bahkan dari jaringan teman Anda yang tidak Anda kenal.
Pertanyaannya, kalau Anda adalah si penjual, apakah cara seperti itu sudah membuat produk Anda setidaknya dilirik oleh para calon konsumen? Kalau belum, berarti Anda masih harus mencoba trik lainnya. Hmmm, kira-kira apa ya yang bisa bikin lapak Anda laku dan dihinggapi para netter?
Tidak perlu pusing lagi, karena cara-cara di bawah ini mungkin bisa memberikan Anda pencerahan untuk membuat angka penjualan Anda naik di bulan berikutnya.

1. Jejaring Sosial

Beberapa waktu mendatang jejaring sosial seperti Facebook, masih akan tetap ngetren di tahun 2011, tidak menutupi kemungkinan akan lahir Facebook-Facebook lainnya yang siap menjadi wadah jualan Anda.
Kekuatan tombol Share memang benar-benar ajaib, selain mendekatkan Anda dengan para calon konsumen, kemudahannya membuat waktu Anda tidak terbuang percuma. Fitur Like This baik terpasang di Facebook langsung ataupun dipasang di toko online Anda menggunakan Facebook Connect justru akan membuat produk Anda dilirik, artinya produk Anda kian populer di mata banyak konsumen.
Facebook Chat membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang masih ragu dan di situlah Anda mulai bisa menggaet konsumen Anda.

2. Forum

Di Indonesia, Kaskus masih tetap menjadi Forum Jual Beli yang terus ramai dipadati oleh para penjual dan pembeli. Lagi-lagi kekuatan testimonial, memberikan nilai plus bagi para penjual yang sudah melayani pembeli dengan baik. Testimonial yang bagus dan banyak, akan membuat para calon pembeli datang dengan sendirinya.
Rekber adalah bagian tersendiri dalam soal transaksi jual beli, dimana para penjual dan pembeli bisa saling mempercayai, hal ini mengurangi tindak kejahatan dimana ada pihak ketiga yang menampung barang yang dibeli serta sejumlah uang yang akan ditransfer. Cara ini memang cukup bagus, mengingat transaksi jual beli online memang sangat rentan dengan penipuan.

3. Mobile Site

Indonesia adalah salah satu negara terbesar sebagai konsumen BlackBerry. Tak jarang satu orang bisa memiliki beberapa ponsel berbeda merk sekaligus. Kepopuleran internet pun diusung pula dengan keberadaan berbagai jenis Ponsel Online. Nah, kalau ingin membuat toko online Anda ramai, maka bersiap-siaplah membangun toko online versi mobile, sehingga dengan mudahnya bisa diakses menggunakan ponsel. Semakin banyak yang mengakses tentu akan memperbesar kemungkinan produk-produk Anda menjadi laris di pasar online, bukan?

4. Location Based Service (LBS)

Mungkin Anda juga sudah pernah mendengar atau mencoba Koprol serta FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan mengubah status Anda di Facebook menjadi Checked In di lokasi Anda berada saat ini.
Kalau di luar negeri fitur ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. Nah, lalu apa untungnya LBS ini digunakan di toko online? Sama seperti yang dilakukan oleh FourSquare. Anda bisa menawarkan promo – promo di toko Anda ketika si calon pelanggan berada dekat dengan toko Anda, dan Anda bisa menariknya agar mampir ke toko Anda melalui promo penawaran khusus. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaannya saat itu.

5. User Friendly

Website toko online yang sederhana tampilannya, akan mampu mengundang lebih banyak netter dibandingkan toko online yang penuh sesak dengan gambar-gambar maupun tulisan yang dipampang secara asal-asalan. Semakin sederhana tampilannya, website toko online akan makin mudah digunakan oleh para calon konsumen. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.

6. Visualisasi yang Menarik

Masih terkait dengan poin nomor 5, visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat cuci mata para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu.

7. Resolusi

Banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi website 1024×768. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksa melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman.
Tak jarang pula kebanyakan website toko online, hanya memasang sedikit produk di bagian kategori. Hal ini rasanya amat mubazir. Karena banyak dari netter malas membuka halaman satu per satu. Para netter lebih tertarik untuk menggeser scroll ke bawah ketimbang harus membuka halaman satu demi satu untuk memilih produk yang dibutuhkannya.

8. Maksimalkan AJAX, Minimalkan Flash

Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Website tanpa flash pun masih bisa unjuk gigi dengan animasi-animasi yang dihasilkan AJAX. Kenyamanan yang diberikan ini tentu saja buat para netter yang browser-nya tidak diinstall flash.
Tentu saja animasi yang ditampilkan tidak kalah cantiknya. Dari sekedar menampilkan menu dinamis, konten dinamis sampai menampilkan galeri. Bahkan membuat website lebih ringan diakses. Semakin cepat website dibuka, calon konsumen pun akan semakin sering mengunjungi toko online Anda. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik website toko online Anda tanpa memberatkan waktu loading page website toko online Anda.

9. Tipografi

Selain gambar dan animasi, ada lagi poin yang sangat penting dari sebuah website toko online, yaitu huruf. Kelihatannya sangat sederhana, tapi huruf tak bisa dipandang remeh. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna.
Masih banyak sekali website toko online yang menggunakan huruf-huruf yang aman di browser. Tentunya hal ini membuat para designer terbatas menggunakan huruf. Tak jarang pula, akhirnya huruf ini terpaksa ditempelkan pada gambar agar di browser tetap tampil sesuai yang diinginkan. Hmm, tentu ini bukan solusi yang baik. Untungnya HTML5 sudah mulai unjuk gigi dan memberikan solusi ciamik sehingga menggunakan teknologi seperti TypeKit dapat membantu Anda memberikan kesan yang cocok dari toko online Anda.

10. Percantik Katalog

Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen. Kalau Anda memasang gambar yang buram dan tidak menarik, pasti tidak akan menarik simpatik konsumen. Tampilkanlah gambar yang semenarik mungkin, dengan tata letak tidak bertabrakan dengan tulisan.
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.

11. Video


Seperti halnya iklan di layar kaca, maka kini Anda pun bisa menampilkan produk Anda dalam bentuk video. Berkreativitas menampilkan produk melalui video dan mengupload-nya ke Youtube akan menjadi nilai plus untuk toko online Anda. Tak perlu membuat video yang lama, paling tidak membuat video berdurasi 30 detik sampai 1 menit saja akan membuat katalog produk Anda semakin menggoda.

12. Search Engine Optimization (SEO)

Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja.

13. Harga

Poin ini yang paling utama, baik penjualan secara fisik maupun online, harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan calon konsumen. Survei harga online secara berkala bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.
Nah, tunggu apalagi, kalau toko online sudah ada, trik sudah ada, tinggal dipraktekkan, bukan? Siap-siap saja angka penjualan Anda segera beranjak naik di bulan berikutnya.
Rabu, Maret 16 Posted in | | 5 Comments »

One Responses to "13 Langkah Jitu Jualan Online yang Siap Nge-Tren di Tahun 2011"

  1. Obat Sakit 2011 says: Reply To This Comment

    susah sob jualan online
    aku telah mencobanya 2 kali dan gagal

  1. Unknown says: Reply To This Comment

    great tips..thx for sharing

    Join Contest & Follow Blog Labi-Labi NineMustafa
    & JariPlastik

    Teman dari Malaysia

  1. Aldhi Prizty Ghamely says: Reply To This Comment

    @ SiLabiLabi: Thanks

  1. Aldhi Prizty Ghamely says: Reply To This Comment

    @ Obat sakit: ya harus tetap usaha sobat jangan menyerah sebelum semuanya tercapai. . . . !!

  1. Aldhi Prizty Ghamely says: Reply To This Comment

    kunjungan malam. . ."

Write a comment