Untuk anda, kami suguhkan 10 trik agar berinternet semakin asyik. Hanya sedikit utak-atik dan penyetalan di beberapa hal (koneksi, browser, e-mail client, security, download, manager, messenger, dan aplikasi pendukung laninya), mesin internet anda akan terasa kian andal.


Koneksi

1. Berhemat Dengan Sesekali Offline
Untuk menghemat biaya koneksi, dan juga menyiagakan saluran telepon untuk keperluan lain, klik [File][work offline]. Internat Explorer akan memutuskan koneksi, dan anda bisa bekerja dengan page yang tersimpan di cache. Saat mengklik link, akan muncul opsi untuk terkoneksi kembali. Sangat efektif saat downline dan subcribe.

2. Putuskan Modem Saat Istirahat

Pada saat modem tidak dipergunakan, terlebih dalam jangka lama, sebaiknya anda cabut kabel-kabel yang terhubung ke PC. Ini salah satu upaya untuk menghindari PC dari sambaran petir. Tidak ada jaminan100 %, meski modem anda berembel-embel “antipetir”.

3. Menyegarkan Kembali Modem
Saat koneksi internet terasa lambat, cobalah untuk me-reboot modem, khususnya jika anda meninggalkannya agak lama. Matikan komputer, cabut modem (Eksternal), lalu colokkan kembali.

4. Setel kecepatan Maksimal Modem

Agar bisa mendapat kecepatan optimal sesuaikan setelan modem anda. Di jendela Control Panel, klik- dobel [Phone And Modem Options]. Klik tab [Modems], pilih modem yang sesuai, laLu klik [properties]. Di tab [Modem] pada bagian maximum port speed, ganti kecepatan sampai ke maksimal.

5. Mendongkrak Kinerja IE

Jika Anda tidak menggunakan proxy server, Anda bisa mempersingkat waktu browser Internet Explorer saat loading, klik [Tools][Internet Options….] Masuk ke tab [Connections], klik tombol
[LAN….settings], lalu hilangkan tanpa centang pada [Automatically detect settings].

6. Membatasi Akses Internet

Agar internat tidak digunakan tanpa izin buatlah dua akun (account) login Windows, salah satunya “limited”. Sekarang, login dengan akun administrator, klik-kanan [network & internet connections], lalu [create shortcut], letakkan di desktop.klik dobel ikon shortcut tersebut, klik-kanan koneksi yang anda gunakan, dan pilih [Disable]. Untuk memakainya lagi, sambungakan dengan memilih [Connect].

7. Selau Cek Nomor Dial-up
Secara berkala, cek dan ganti nomor dial-up Anda. Di browser klik [options][Internat Options……..] klik tab [connections], klik dobel koneksi internet yang anda gunakan lalu [properties]. Di bawah “phone number” ada nomor yang saat ini digunakan. Seleksi dan ketikkan gantinya. Tombol [Alternates] akan menambahkan nomor lokal lain, yang berfungsi saat nomor utama sibuk.

8. Manfaat Proxy ISP

Penggunaan proxy server dari ISP pada jaringan anda bisa mempercepat akses. Coba tanyakanlah ketersediaan layanan tersebut ke ISP langganan anda. Jika tersedia, klik [options] [internet options…..]. Di tab [Connections], klik [Lan Settings….]. Centangi [Use a proxy server for your LAN].

9. Perhatikan Hard Disk
Di luar masalah daya tampung yang makin sesak, kemanapunbaca/tulis hard disk yang sudah tua pun biasanya melambat. Hal ini tentu berpengaruh terhadap proses caching alias proses penyimpanan data sementara internet, sehingga menghambat kelancarannya. Penggunaan hard disk baru akan lebih baik.

10. Matikan Layanan Otomatis
Layanan yang berjalan otomatis tentu menghambat kelancaran akses internet. Anda bisa mematikannya. Klik [Start][Run], tuliskan services.msc, lalu [Enter]. Pada daftar layanan, klik-dobel item berjenis “Automatic”, ganti dengan “Disable”. 
Sekian Tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda. . .!!
Minggu, Februari 6 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "10 Tips Berinternet Hemat"

Write a comment